to mY bLoG's

kOnsEp TeknOLoG! !nfOrMas!

cLoCk

Jumat, 23 April 2010

Pengertian Port Dan Macam-Macam Protokol

| |

Dalam protokol jaringan TCP/IP, sebuah port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server.
Berikut ini adalah beberapa contoh jenis macam-macam protokol :
1. IP (Internet Protocol)
adalah Adalah mekanisme transmisi yang digunakan oleh TCP/IP. IP disebut juga unreliable dan connectionless datagram protocol-a besteffort delivery service. IP mentransportasikan data dalam paket-paket yang disebut datagram.
2. TCP (Transmission Control Protocol)
adalah TCP menyediakan layanan penuh lapisan transpor untuk aplikasi. TCP juga dikatakan protokol transpor untuk stream yang reliabel. Dalam konteks ini artinya TCP bermakna connectionoriented, dengan kata lain: koneksi end-to-end harus dibangun dulu di kedua ujung terminal sebelum kedua ujung terminal mengirimkan data.
3. UDP (User Datagram Protocol )
adalah protokol yang bersifat connectionless, dan bersifat kebalikan dari TCP yang berorientasi connection. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya saat paket data tersebut diterima. Protokol UDP ini cukup simpel sehingga untuk tujuan tertentu, bisa membantu penyelesain tumpukan protokol TCP/IP.
4. DNS (Domain Name System)
adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

5. PPP (Point to Point Protocol)
adalah merupakan data link protokol yang digunakan untuk melakukan koneksi secara langsung antara dua node melalui kabel serial, line telepon, trunk line, telepon selular, jalur radio yang special, atau fiber optik.
6. SLIP (Serial Line Internet Protocol)
adalah Sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang mendeteksi kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan digantikan oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi.
7. ICMP ((Internet Control Message Protocol)
merupakan sebuah mekanisme yang digunakan oleh sejumlah host dan gateway untuk mengirim notifikasi datagram yang mengalami masalah kepada host pengirim.
8. POP3 (Post Office Protocol version 3)
adalah protocol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.
9. IMAP (Internet Message Access Protocol)
Adalah protocol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada.
10. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
merupakan salah satu protocol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di internet. Protocol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari computer pengiriman surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
11. HTTP (Hypertext Transfer Protokol)
adalah protocol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wibe Web(WWW). Protokol ini adalah protocol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.
12. HTTPS ((HyperText Transfer Protocol over Secure Socket Layer)
bukan merupakan protokol tetapi sebuah metode untuk mengamankan sebuah URL pada protokol HTTP.
13. SSH ((Secure Shell)
protokol yang serupa dengan Telnet, access remote login ke suatu host, tetapi SSH memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan telnet, yakni mendukung enkripsi data.
14. TELNET
adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke computer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database.
15. FTP (File Transfer Protocol)
adalah sebuah protocol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
16. LDAP ((Lightweight Directory Access Protocol)
merupakan suatu network protokol yang digunakan untuk mengakses direktori. Pengertian direktori disini adalah sekumpulan informasi yang disusun berdasarkan hirarki tertentu. Informasi pada direktori, disebut juga atribut, dapat berupa informasi tentang account seseorang, informasi hardware, dan informasi yang lain tergantung schema yang tersedia.
17. SSL ((Secure Socket Layer)
adalah protokol yang digunakan untuk browsing web secara aman. SSL bertindak sebagai protokol yang mengamankan komunikasi antara client dan server.

0 komentar:

go-top

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Nuning Blog's
Q ntu anAknYa aCiek kOqZ...
Lihat profil lengkapku

My Playlist

Labels

Followers

 
 

nUn!nG_bLOg's eU!i!i!i!i! | Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
top